iklan head

Berita Terbaru
Loading...
Kamis, 26 Mei 2016

Menentukan Arah Kiblat Tanpa Kompas

08.09
Menentukan Arah Kiblat Tanpa Kompas
 Matahari Tepat di Atas Ka'bah 27 Mei,  Silakan Perbaiki Arah Kiblat Anda

Menentukan Arah

Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan kepada seluruh masyarakat muslim Indonesia bahwa Jumat besok matahari akan melintas tepat di atas Kabah. Momen ini biasa digunakan untuk memperbaiki arah kiblat.

Kemenag dalam siaran pers yang dimuat di websitenya, Kamis (26/5/2016), menulis berdasarkan data astronomi bahwa pada Jumat 27 Mei 2016 pukul 16.18 WIB/17.18 WIB, matahari tepat melintasi di atas Kabah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah lurus ke Kabah.

Sehubungan dengan itu, bagi kaum muslimin yang akan memperbaiki arah kiblatnya agar disesuaikan dengan arah bayang-bayang benda tersebut di atas.

Menentukan Arah


Hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul.
2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.
3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Dalam web yang sama, Pgs Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammadiyah Amin menyatakan peristiwa semacam ini sering dikenal juga dengan nama Rashdul Qiblah yaitu ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat. Sehubungan itu, kaum muslimin dan pengurus takmir masjid/musala yang akan memverifikasi kesesuain arah kiblat bisa melakukan 3 langkah seperti di atas.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar